Dukung Cirebon Menuju Smart City

Cirebon

Cirebon adalah salah satu kota ternama yang terletak di Jawa Barat bagian timur yang merupakan kota perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah. Cirebon mempunyai suku, adat dan budaya yang beragam. Tidak hanya itu, kota Cirebon menjadi kota besar dan padat di Jawa Barat. Cirebon juga merupakan wilayah yang strategis. Jalan di Cirebon selalu ramai dilalui oleh transportasi dari arah Timur dan Barat. Kini, Cirebon ingin menjadi smart city.

smartcity

Apa itu smart city?

Smart city terdiri dari 2 kata yaitu smart yang berarti pintar atau cerdas dan city yang berarti kota. Jadi, smart city adalah kota yang cerdas.

Apa maksudnya?

Kota Cirebon ingin menuju kota yang cerdas. Cirebon ingin membangun daerahnya sebagai smart city. Untuk menjadi smart city, sebuah kota dapat ditinjau dan dilihat dari masyarakatnya, lingkungannya, kondisi ekonomi dan sosial, sarana dan prasarana, kehidupannya, dll. Penerapan smart city ditujukan untuk masyarakat agar tumbuh dan berkembang dengan makmur dan sejahtera di wilayah yang berintegrasi teknologi. Masyarakat Cirebon sendiri berkeinginan dan bersatu padu untuk membangun Cirebon sebagai smart city. Hubungan antar masyarakat Cirebon harus baik pula. Masyarakat juga diharuskan untuk menjaga fasilitas yang disediakan dan memelihara lingkungan sekitar. Sistem pemerintahan Cirebon haruslah efektif dan efisien. Sarana dan prasana serta pelayanan publik dibantu dengan teknologi digital yang canggih.

aston

Pertumbuhan pembangunan kota Cirebon berkembang sangat cepat. Pembangunan tersebut dapat berwujud tempat-tempat elite, hotel berbintang, gedung-gedung, pusat perbelanjaan dan lain-lain. Misalnya, hotel megah bernama Aston Hotel Cirebon. Aston Hotel Cirebon menyediakan tempat penginapan yang ramah dan nyaman untuk ditinggali masyarakat dari Cirebon maupun luar Cirebon. Fasilitas yang disediakan pun lengkap, indah, dan menunjang rasa aman juga nyaman bagi orang yang menginap. Aston Hotel Cirebon merupakan convention center yang jadi tempat paling cocok bagi pengusaha atau pebisnis.

Kota Cirebon memiliki pelabuhan yang ramai dan aktif, bandara dan tempat-tempat bersejarah. Ada beberapa situs bersejarah yang patut untuk dikunjungi seperti keraton Kasepuhan. Kota Cirebon memiliki bermacam tempat pariwisata yang menarik wisatawan dari dalam negeri maupun luar negeri.

Pemerintah kota Cirebon sangat antusias dalam mewujudkan smart city. Dalam mewujudkan smart city, pemerintah kota Cirebon melakukan berbagai upaya seperti pemasangan 2.000 CCTV di sudut-sudut kota Cirebon. Hal ini bertujuan agar kota Cirebon menjadi lebih aman, meminimalkan dan mencegah upaya kriminalitas karena tindakan kriminalitas akan segera diketahui. Pemerintah akan meng-update informasi terkini sehingga masyarakat pun mengetahui informasi yang terjadi di kota Cirebon.

4g lte

Dalam bidang teknologi, Kota Cirebon merupakan kota yang sudah tercover oleh teknologi jaringan 4G LTE, teknologi canggih yang terbaru di Indonesia. Teknologi yang super cepat dan sangat membantu kegiatan dalam masyarakat di Cirebon. Yang menjadi pendukung teknologi ini adalah Smartfren. Smartfren sudah mengeluarkan inovasi terbaru yaitu Smartfren 4G LTE. Keunggulannya adalah internet jadi lebih cepat dan cakupannya lebih luas. Kapasitas bandwidth juga jauh lebih besar dari provider lain. Jaringannya pun lebih stabil.

rebon

Kota Cirebon mempunyai banyak komunitas yang tersebar di wilayahnya. Salah satu komunitas di Cirebon adalah Blogger Cirebon. Komunitas Blogger Cirebon ini mempunyai visi dan misi untuk memajukan kota Cirebon dalam bidang teknologi dan informasi melalui dunia maya.

Mari membangun dan wujudkan Cirebon sebagai smart city

Iklan

3 thoughts on “Dukung Cirebon Menuju Smart City

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s