Fenomena Internet dan Manfaatnya Bagi Manusia

Sumber gambar : http://www.korsvet.com

Manusia hidup diciptakan untuk berkomunikasi antar manusia. Salah satu sarana komunikasi yang paling sering digunakan semua orang saat ini adalah telepon terutama mobile phone atau android. Sarana komunikasi yang paling digemari dan digandrungi kebanyakan orang adalah internet. Siapa yang tidak kenal internet? Mulai dari anak kecil, remaja, dan dewasa. Internet merupakan bagian penting dan mungkin kebutuhan bagi sebagian orang di dunia. Teknologi modern terus berkembang dari tahun ke tahun yang melahirkan internet yang semakin canggih. Berbagai penemuan baru diciptakan. Perkembangan internet begitu pesat. Tanpa internet, dunia serasa hampa dan sepi, kurang informasi dan ketinggalan jaman. Layanan internet disediakan di berbagai mobile phone di seluruh dunia. Untuk dapat menikmati layanan internet, sudah tentu kita membutuhkan yang namanya koneksi data internet. Kita dapat menggunakan wifi, hotspot, maupun paket internet. Salah satu provider yang menyediakan paket internet menarik adalah Telkomsel. Kita bisa memperoleh koneksi jaringan yang stabil dan lancar. Kita bisa berinternet dengan super cepat dan super hemat. Berbagai keuntungan dapat kita peroleh melalui provider dengan layanan terbaik ini.

Internet mempunyai dampak negatif dan positif, bergantung dari pengguna dalam menggunakannya. Jika internet digunakan untuk hal-hal positif pasti internet akan memberikan manfaat dan kebaikan untuk penggunanya. Apabila internet digunakan untuk hal-hal negatif juga berdampak pada hal-hal negatif. Untuk itu, mari kita generasi bangsa menggunakan internet dengan baik agar dapat bermanfaat. Berikut adalah beberapa manfaat berinternet :

  • Sarana untuk memudahkan orang untuk berkomunikasi dan bersosialisasi

Orang dapat berkomunikasi melalui internet tanpa batasan waktu, ruang dan jarak sekalipun. Orang dapat berkomunikasi kapan saja, dimana saja, antar kota, negara bahkan antar benua, orang dapat berkomunikasi. Sosial media adalah perantaranya. Internet merupakan media orang untur bersosialisasi. Kita bisa chatting-an, atau video call-an. Orang dapat mengekspresikan diri dan memberikan komentar serta pendapatnya melalui sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, dll.

  • Sarana untuk mendapatkan informasi

Informasi adalah ilmu yang berharga bagi kita. Dengan internet, kita akan mendapatkan tambahan pengetahuan. Pengetahuan tidak selalu dari buku, atau guru. Internet menyediakan berbagai informasi yang lebih luas dan berbagai pendapat orang dari penjuru dunia. Kita dapat mengetahui berita dan kejadian yang terjadi walaupun kita tidak melihatnya secara langsung. Kita bisa up-date sesuka hati melalui internet.

  • Sarana untuk berbagi informasi

Internet tidak hanya menjadi bahan untuk mendapat informasi, tapi juga berbagi informasi. Tentunya ilmu  akan lebih bermanfaat kalau kita bagikan kepada sesama. Informasi yang kita bagikan akan diketahui oleh orang lain dan inilah timbal balik dari kegiatan yang bermanfaat dari internet. Informasi akan tersebar dari orang ke orang.

  • Untuk kegiatan bisnis dan sumber penghasilan

Siapa sangka? internet juga dapat memberikan penghasilan oleh sebagian orang. Orang yang mahir dalam berinternet akan memanfaatkan internet untuk kegiatan bisnis. Orang dapat mendapatkan uang melalui internet, misalnya dengan menjadi youtuber, buzzer, atau blogger yang berpenghasilan besar dan menunjang hidupannya.

  • Sarana untuk berbelanja online

Berbelanja tidak harus langsung bertatap muka. Kita dapat bertransaksi melalui internet. Hanya modal internet saja, kita dapat memperoleh barang yang kita butuhkan dengan mudah tanpa harus repot. Barang akan datang ke rumah kita dengan sendirinya melalui jasa pengiriman. Metode pembayarannya bisa dilakukan dengan cara transfer bank, C.O.D atau bayar ditempat.dll

  • Mempermudah pekerjaan manusia

Internet dapat memudahkan pekerjaan manusia. Misalnya, ada anak sekolah yang kesulitan dalam mengerjakan tugas sekolahnya, sedangkan orang di sekitarnya tidak dapat memberikan jawaban yang tepat. Maka, internet adalah solusi yang dapat diambil oleh anak tersebut. Anak tersebut dapat mendapat jawaban dari internet dan pekerjaan sekolahnya dapat dikerjakan dengan mudah dan terselesaikan.

  • Menghibur dan membuat senang perasaan orang

Bagi orang yang merasa kesepian dan bosan dengan pekerjaannya akan mencari hiburan dan menghilangkan kebosanannya dengan internet. Biasanya, orang yang menghibur diri melalui internet merasa memiliki waktu yang kurang dengan orang di kehidupan nyatanya. Orang dapat menghibur diri mereka dengan bermain game-online dengan berbagai jenisnya.

Sekian dari saya, semoga bermanfaat. Mari gunakan internet dengan cerdas!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s